Kenangan bersama Aslam & Psikosomatis

oleh Sulitno Jaya

28 Agustus 2015 malam, mendadak sy merasa sesak nafas. Awalnya sy berusaha cuekin, tapi makin lama makin sesek. Pake pusing pula.

Saya kira ini cuma masuk angin. Jd minta istri sy kerokin. Trus mencoba tidur. Pas baringan rasanya koq tambah ga enak banget ya? Rasanya tambah sesek n tenggorokan serasa tercekik. Malah sy ampe bisa merasakan detak jantung saya yg makin keras & kenceng.

Trus sy bilang ama istri, kayaknya ada yg ga beres ama jantung sy nih. Jadi cabut deh ke UGD.

Sampe RS, setelah diperiksa, sy dibilang asam lambungnya tinggi. Sy baru inget kalo sy memang telat makan, n cuma minum kopi doang. Disuntikin ranitidine, rasanya enak banget jd lega. Tapi sy masih ga yakin ama jantung, ngotot minta EKG, dan hasilnya ternyata normal.

2 minggu kemudian kejadian yg sama terulang lagi, ngabur ke UGD lagi, suntik lagi, ngotot EKG lagi, dan lagi-lagi dibilang normal. Cuman waktu itu susternya ngomong, "Bapak itu tidak kenapa-kenapa, cuma kecemasan berlebih."

Akhirnya sy coba berobat ke sppd, dikasih pariet 20mg, ga ada hasil, pertemuan berikut dikasih lanzoprazole, malah rasanya tambah ngaco. 1001 sensasi macam sesak, deg2an, sembelit, meriang, tangan n kaki lemes, dan yg paling parah itu SUPER CEMAS + PARNO.

Saya akui cemas n parno itu akibat kesalahan sy sendiri yg suka google2an, makin dapet jawabannya makin bikin setres. Belum lagi 2 minggu sebelum kena serangan pertama, entah kenapa tiap ngebrowse ketemu iklan yang dikit-dikit berhubungan dengan jantung.

Ampe akhirnya sy ketemu grup fb dari kaskus, bukan GAI sih. Isinya cuman keluhan2 yg sama aja, plus berbagai macam obat2an medis n herbal, jadinya sy juga ikut2an beli n ngetes2 obat2an itu dan hasilnya bisa ditebak, sy tambah ngaco.

Akhirnya sy ketemu GAI, di sini saya liat emak2 admin-nya cukup responsif ngebantu ngasih jawaban. Dan kebetulan juga ada orang sekota dengan sy yg udah duluan kena penyakit ini. Saya beraniin japri beliau. Ga disangka malah sy disamperin untuk sharing n curhat.

Padahal saat itu sy udah super error banget, udah ampe tahap takut keluar rumah, takut ketemu orang. Tapi dibilang mo disamperin, rasanya ga enak juga menolak niat baik seseorang, jadi sy iyakan aja.

Pas beliau datang, ternyata obrolan kami lancar n bisa dibilang saya malah lupa dengan semua sensasi saya. Dan beberapa hari kemudian kumat lagi, duh!

Di GAI sy japriin admin senior, disuruh baca2 file grup, soal pola alkaline n herbal tea. Berhubung sy udah ampe tahap takut makan, sy liat pola alkaline setidaknya simple, nasi sedikit + sayur mentah & buah2an dibanyakin, yaa sy coba aja. Bisa dibilang 2 minggu pertama itu rasanya neraka jadi dobel, wkwkwk, ga ada perbaikan samasekali, yang ada malah tambah parah. Tapi sy ga mo nyerah, sy pikir kalo admin2 n senior2 itu bisa, kenapa saya tidak? Jadi sy kasih deadline ampe 1 bulan, kalo memang ga ada perubahan, artinya memang tidak cocok. Apalagi setelah baca2 ternyata memang ada efek detoxnya. Jadi dari parno berubah jadi semangat.

Ternyata di minggu ke-3 rasanya udah mendingan. Itu bikin sy jadi semangat lagi buat nerusin pola makan alkaline ini.

Yang jadi masalah berikut, masalah psikosomatis ini. Di dalam rumah rasanya sy aman2 aja, sensasi sama sekali bisa dibilang minim berkat pola makan yg udah bener. Cuma otak ini entah kenapa ga mau kompromi.

Sy jadi penakut, sensitif, suka mellow2 ga jelas. Bahkan liat anak diomelin ama emaknya malah sy yg bisa mewek, hadeh...

Bisa dibilang selama 2 bulan saya ngga berani ke mana2. Istri sy mulai gerah ampe nanya "yang penting itu keluarga atau apa?" Asli jleb banget.

Anak2 sy juga ikut2an ga mo keluar rumah gara2 sy. Sampe akhirnya anak sy yg gede ngomong kalo ntar saya dah sembuh dia mau saya supirin ke gramedia.

Permintaan yg super simple, tapi kenapa rasanya super berat untuk dipenuhi?

Dengerin kata2 itu sy jadi mewek n tambah mellow dah.

Akhirnya sy putuskan untuk coba konsul ke psikiater.

Berhubung saat itu saya masih parno keluar rumah, rasanya perjalan menuju ke sana itu jadi lamaaaa banget. Disupirin pelan2 tapi rasanya kayak mabok darat, mual n pengen muntah. Padahal jaraknya kalo jalan kaki paling cuma 10 menitan, wkwkwk, lebay abis dah.

Setibanya di sana dengan segala macem perasaan sesek yg ditahan2, ternyata kudu ngantri pula. Jadi tambah gelisah deh. Tiba2 ada yg menyapa saya, kiranya temen sma dulu, dia juga mau berobat ke dokter umum (sebelahan ruangannya ama psikiaternya). Berhubung dah lama ga ketemu jadinya ngobrol2 deh panjang lebar n seru. Nah itu saya ga sadar kalo saya jadi lupa ama sensasi yg saya rasakan sebelumnya.

Sampe akhirnya tiba giliran sy dipanggil masuk, psikiaternya tanya ada apa. Sy bingung juga mo cerita apa, soalnya koq sensasinya ilang yak? Akhirnya sy bilang kalo sy ini kayaknya kena psikosomatis. Sy ceritain soal awal masuk igd dan berbagai macam sensasi itu. Kata psikiaternya itu karena sy punya stress n uneg2 numpuk yg ga saya sadari terkumpul selama ini. Bisa dibilang bom waktunya udah meledug makanya jadi sampe kayak gini.

Intinya sy disuruh manage stress n pikiran, tanamkan afirmasi positif ke diri sendiri kalo sy tidak apa2. Pokoknya mayan lama lah ngobrol2 ama beliau. Tapi sy mulai nyadar koq sensasinya ilang ya? Padahal kalo di rumah baru ngomong dikit aja udah ngap2an, ini ngobrol tadi ma temen ampe semangat, ma psikiater juga sama, aman2 aja, ke mana seseknya?
Akhirnya dikasih resep, dan resep itu langsung dikasih ke tangan istri sy, dan sy dilarang baca2, soalnya psikiaternya bilang pasti kalo sy baca ntar sy gugel2an, wkwkwk.. Koq tau ya dia? Ini dukun apa psikiater? Wkwkwk..

Obatnya start sy minum keesokan harinya. Baru sy telen glek, sy merasa koq jantung n napas jadi melambat ya? Sy bilang ke istri sy malah diomelin, wkwkwk.. Asli lebay, obatnya belum nyampe lambung juga padahal malah udah sensasian. Emang parah nih pikiran ane. Akhirnya sy coba aja diem tenangin diri.

Efek obat itu kayaknya baru berasa efektif setelah 8 harian. Sensasi2nya satu persatu mulai berkurang. Bisa nongol kalo sy sendiri yg mulai mikir2in yg enggak2. Tapi karena efek obat, sensasinya rada enteng. Dari sana sy gunakan kesempatan untuk berusaha memanage pikiran sy. Sy ga mau tergantung ama obat.

Total konsultasi sy 3x pertemuan selama 3 bulan. Di sesi terakhir di obatnya ditulis 'bila perlu.' Sampe sekarang obat itu sy bawa2 aja ke mana2 jadi jimat, wkwkwk..
Salah satu terapi saya dalam masalah psikis adalah meditasi, dengerin aja guided mindfulness meditation dari youtube. Nyuci piring. Hehehe.. beneran lho, nyuci piring itu termasuk terapi yang paling bagus buat ngeluarin hormon happy kita. Coba aja cuci piring yang super kotor & berminyak, terus abis dicuci piringnya jadi bersih keset, pasti ada rasa puas di hati kita.

Pola makan sy masih tetep sy jalankan pola alkaline, perbanyak buah n sayur. Tapi sy dah bisa koq ngopi2, makan racun2 di kfc, mekdi, dll, hehehe.. Tapi ga kalap kaya dulu sebelum sakit. Sekarang makanan n minuman gituan jadi kebutuhan rekreasi aja, pola alkaline masih jadi kebutuhan pokok.
Kalo dulu pas bangun tidur langsung nyeduh kopi, sekarang bangun nyiapin air anget buat lemperan + madu. Trus potong buah, anter anak sekolah, trus sarapan buah. Itu jadi aktivitas harian tiap pagi sekarang.

Kalo ditanya kondisi saat ini? Saya ga berani takabur mengklaim diri saya SUDAH SEMBUH TOTAL. Saya bukan penganut aliran kepercayaan sembuh 100%. Kambuh n sensasi pasti bisa nongol lagi kalo makan minum yg aneh2 kebanyakan, kerja kelewat berat, mikir kelewat jauh. Intinya sakit ginian bikin alarm tubuh kita aktif. Kalo sensasi dah nyolek2, itu artinya tubuh kita udah ngasil signal untuk take a break. Jangan terlalu over. Tapi setidaknya jikapun sensai itu nongol saya udah bisa memanagenya, jadi bisa hilang dalam hitungan menit.
Satu lagi hikmah yang saya dapatkan, yaitu BB saya turun. Dulu bisa dibilang obesitas (99 kg), gara-gara anxiety terjun bebas 10 kg dalam waktu 1 bulan. Sejak terapin pola alkaline turunnya bertahap. Sempat mencapai 79 kg, tapi naek lagi 4 kg gara2 liburan, hehehe.. Sekarang pengen nurunin lagi, jadi pola alkaline masih jalan terus. Target sy 70 kg, biar sesuai dengan BMI lah :)

Yak begitu deh kisah hidup saya bersama aslam, mpok anxie n om somatis.

NB:
Tidak sedikit yg mempermasalahkan n menentang soal pengobatan psikiater, biasanya karena:
Stigma kalo ke psikiater itu = orang gila
Ini bisa dikatakan pola pikir orang jaman batu, jaman sekarang di mana kehidupan dituntut serba cepat, penuh deadline, tingkat stress itu tinggi. Stress merupakan salah satu gangguan mental yg kalo menumpuk lama2 bisa bikin gila beneran jika tidak dimanage dengan benar. Tidak sedikit kaum selebritis, bahkan dokter yang konsul dengan psikiater karena stress dengan tekanan hidup & profesinya.

Takut obatnya bikin ketergantungan
Kalo ampe kayak gini, artinya si pasiennya keenakan, ga mau usaha. Obat itu efeknya sementara, pas udah dapet enaknya gunakan momen itu untuk memanage pikiran. Soalnya kalo tanpa obat bisa dibilang susah untuk ngendaliin pikiran. Jangan karena dah enak ama efek obat trus malah macem2, yaa kapan mau putus tuh obat? Mau putus obat juga kudu konsul ama psikiaternya karena hanya psikiater yg bisa menilai apakah udah waktunya kita mengurangi dosis n stop.

Pendekatan religius sudah cukup, ga perlu ke psikiater segala
Tiap2 orang dilahirkan dengan kondisi dan keadaan yang berbeda. Ada yang memang bisa diselesaikan secara religius dan ada yg kondisinya udah terlalu parah hingga membutuhkan bantuan psikis dari dokter.

Mahal
Nah kalo alasan yang satu ini ga tau deh. Coba hitung-hitung aja sendiri, selama ini udah berobat ke dokter spesialis daleman berkali-kali tapi ga ada hasil. Trus cek up ke lab, scan, usg, dll dsb berkali-kali ternyata dinyatakan normal terus sementara 1001 sensai itu makin menjadi-jadi. Udah habis duit berapa untuk semua itu?