Halaman

Membebaskan diri dengan IKHLAS

oleh Kartika Huda Lubis (18 November 2016)

Sebelumnya saya mengucapkan happy anniversary buat GAI. Saya mengucapkan terima kasih buat para admin yang sudah bikin group ini dan mau menampung saya dan teman2 lainnya yang ingin menemukan kesembuhan, senior2 yang sdah sembuh yang sering berkolaborasi dengan admin menjawab keluhan parno2 dari kami yang belum menemukan kesembuhan.

Awal bulan agustus lalu saya membuka mata saya dengan perasaan kaget, bukan karna mimpi buruk tapi karna saya sadar saya bukan di rumah. Dimanakah saya? Saya ada di ruangan yang kalo orang denger pasti langsung panik. Ya, saya ada di ruangan UGD dengan ibu saya yang nangis tidak berhenti2 sambil pegang tangan saya. Sambil bilang 'mamah ikhlas teh mamah ikhlas kalo sampe teteh ga ada'.

Jam 3 pagi saya terbangun dari tidur saya dan tiba2 sesak nafas, tegang sampai ke kepala, muka pucet, dada terasa terbakar, tangan kaki berkeringat, badan dingin, rasanya seperti mau tidak ada umur. Ibu saya cepat2 bangunin uda saya dan membawa saya ke RS terdekat tapi saking tidak kuatnya saya menahan semua sakit akhirnya saya pingsan sebelum di angkat ke dalam mobil.
Setelah saya sadar, saya langsung di periksa paru2 dan rekam jantung karna takut saya takut kena jantung. Beruntungnya saya dokter di UGD tahu ciri2 orang yang kena GERD, dokter bilang ke ibu saya kalo saya kena GERD asam lambung yang naik ke essofagus yang menyebabkan heartburn. Hasil rekam jantung dan paru2 bagus tidak ada kelainan. Akhirnya saya di perbolehkan pulang dengan kondisi dada sesak di tambah muntah sampai asam lambung keluar.

4 hari saya tidak bisa makan apapun yang saya bisa hanya muntah, di isi satu sendok bubur muntah besoknya saya sudah bisa makan tapi paling banyak 4 suap. Hasilnya 2 minggu saya turun 5kg. 2 minggu pikiran saya isinya cuma kecemasan takut ga ada umur, searching google sana sini malah bikin parno. Akhirnya saya menemukan group ini dari blog kang Chiko Safaraz. Barulah saya tahu kalau kecemasan saya berasal dari asam lambung saya.

Sebulan saya berusaha melawan GERD dan anxiety saya. Kedut2an sana sini, rusuk bengkak, tidur malem tidak nyenyak, depresi, si sayang ninggalin saya karna tahu saya sakit ini, sampai kepikiran buat bunuh diri. Rasanya seperti bukan diri saya yang hidup. Sebulan saya berdiri dengan kaki saya sendiri dan selalu mengkasihani diri saya sendiri. Siapa pula yang tidak kasihan walaupun itu diri saya sendiri, SMA saya jadi korban bully selama 2 tahun selama 2 tahun itu saya harus survive, ayah saya sayangi yang saya kasihi selama hidup saya dijemput oleh Allah sebulan setelah ulang tahunnya, saat saya sudah bersama orang yang saya kira baik untuk saya ternyata saya salah besar si sayang malah ninggalin saya, dan saya punya kebiasaan buruk yaitu minder sama suka mendem dendam.
Sebulan saya tenangkan diri saya memotivasi diri saya sendiri untuk sembuh.

Tanpa di sangka2 teman SMP saya menghubungi saya dan setiap hari selalu memberi saya semangat dan motivasi. Tahu saya sedang depresi dia menawarkan saya untuk bercerita akhirnya saya ceritakan semua yang ada dalam pikiran saya semua masalah yang membuat saya depresi. Dan sehabis dia bilang kata2 itu saya bener2 terharu nangis, bukan karna saya baper di marahim tapi itu kalimat yang membuat saya menyesal sering mengeluh.

'Tik, kamu itu ada yang di ciptakan atau ngga? Kamu itu ciptaan Allah, Allah menciptakan manusia sedetail mungkin dan pasti ada tujuan kenapa Allah menciptakan manusia. Oh jadi itu seonggok daging yang buat kamu sampe depresi kaya gini? Cuma manusia kan? Kamu udah di butakan sama seorang manusia, kamu di baperin sama manusia aja udah stres apalagi di baperin sama Allah? Cita2 kamu itu lebih penting dari dia. Emang kalo mau masuk surga harus kurus, tinggi, cantik, mancung? Ngga kan? Allah hanya memasukan manusia yang beriman ke dalam surga tanpa syarat fisik apapun. Kalo kamu kaya gini kamu sombong tik! Kamu mendahulukan kehendak Allah kalo kamu sampe berani bunuh diri! Jangan pendem dendam kamu minder kamu! Kamu berharap dia dapat karma kamu berdoa siang malam berdoa biar dia dapat balasan tapi pada saat doa kamu terkabul sebenernya itu bukan doa kamu yang Allah kabul tapi itu berarti Allah udah murka sama kamu udah kecewa sama kamu! Yang harusnya kamu berdoa biar kamu sembuh, biar bisa kejar cita2 kamu, bikin hidup kamu lebih bermakna kamu malah sibuk ngurusin dunia bukan akhirat. Ikhlaskan, Allah tidak pernah melihat hasil tapi Allah selalu melihat proses bagaimana kamu menghadapi semua ujiannya. Bikin kamu sembuh dalam waktu 1 detik aja Allah bisa, apa yang kamu khawatirin pas lagi usaha? Kamu bilang hidup kamu pahit, bukan pahit tapi iman kamu lagi di uji manusia yang beriman pasti di uji seharusnya kamu heran kalo kamu ga di uji. Aku mau kamu sembuh tik, aku mau kamu sehat jangan Pernah mikirin orang yang ga peduli sama kamu biar aja kamu dan Allag yang tau semua usaha kamu untuk sembuh. Aku selalu doain kamu biar cepet sembuh.'

Sehabis denger kata2 itu langsung saya angkat kaki ambil air wudhu, dzikir sampe nangis2. Ternyata benar teman2, disaat kita menghadapi sesuatu dengan ikhlas pasti akan terasa mudah. Saya sudah menjaga pola makan sama konsumsi herbal tea rutin. Hasilnya alhamdulillah saya sudah bisa tahan di kampus dari pagi sampai sore, tidak tiba2 panik attack cuma kliyengan doang kalo diem di tempat rame. Olahraga sabtu-minggu karna senin-jum'at saya kuliah. Saya paksakan diri saya untuk keluar, ngobrol, cari kegiatan yang positif. Jangan biarkan hal2 negatif masuk ke dalam pikiran.

Sudah hampir 2 bulan saya terkena GERD dan anxiety, alhamdulillah sekarang saya hanya sering lapar tiap 3 jam sekali harus di isi makan, hidung tersumbat, kuping seperti kemasukan air sama kuping berdenging. Dan benar jika kita mengikhlaskan yang hilang Allah akan gantikan dengan yang jauh lebih baik dari yang sebelumnya.

Semoga cerita saya bisa memotivasi temen2 GAI disini yang masih berjuang bersama saya ya walaupun isinya curhatan semua. Semoga kita tidak lelah untuk selalu berusaha dan berdoa. Semangat teman2 GAI!

Ayo kita usaha dan sembuh bersama! IKHLAS IKHLAS IKHLAS!
Terima kasih membaca curhatan saya